5 Tips Membuat Kue Kukus Mengembang Sempurna

Cara Membuat Kue / Cake Kukus Mengembang Sempurna

tips kue bolu mengembang sempurna, mengolah bolu bantat, kue bantat diapain, penyebab bolu kukus bantat, cara membuat bolu mengembang dan empuk, kenapa bolu kukus tidak mengembang, resep bolu mengembang dan lembut, penyebab bolu kempes
via google image


Menurut saya membuat kue / cake kukus itu lebih sulit ketimbang di oven. Beberapa kali saya gagal membuat cake mengembang sempurna. Meskipun dari segi tekstur tetap lembut, tapi ketika saya angkat dari kukusan jadi turun, padahal sebelumnya mengembang menul-menul (saya tidak tau ungkapan lain selain menul-menul). 😅

Hingga saya menemukan sebuah tips yang di share oleh pemilik akun Oksel Yuhera di sebuah grup facebook. Tips ini merupakan tips dari resep Cake Coklat Kukus No Mixer, saya rasa bisa juga diterapkan untuk pembuatan Kue / Cake lainnya asal bukan Bolu Kukus ya. Karena Kue Ngakak yang satu ini wajib menggunakan api besar.

Tips Membuat Kue / Cake Kukus Mengembang Sempurna

  1. Mixernya cukup aduk rata saja (bukan seperti membuat bolu) cukup 2 menit.
  2. Aduk margarin sampai rata jangan sampai di dasar adonan masih ada margarin yang belum rata (bisa bantat)
  3. Pakai api sedang.
  4. Tutup kukusan dengan rapat. Tutupnya di kasih kain, jika memakai klakat sebaiknya tutup klakat di lap terlebih dahulu sebelum memasukkan adonan (karena hasil akhir akan beda).
  5. Masak kue 45 menit (sesuaikan resep). Kalau kurang, maka bagian bawah kue masih basah sehingga kue yang mengembang akan turun lagi ketika di keluarkan dari kukusan.
Sedikit tambahan dari saya, perhatikan dengan betul komposisi bahan yang dipakai. Alangkah baiknya semua bahan ditimbang sesuai takaran pada resep. Ini juga sangat berpengaruh untuk membuat kue / cake jadi mengembang.

Semoga Tips Membuat Kue / Cake Kukus Mengembang Sempurna tersebut bermanfaat. Dan terima kasih untuk Oksel Yuhera yang telah berbagi tips ini. Setelah membaca tips ini, semoga tidak ada lagi kue kukus gagal mengembang. 😉😉