Manfaat Buah dan Sayur untuk Kesehatan Tubuh



Buah dan sayur dapat membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, serat yang terkandung dalam buah dan sayur bermanfaat untuk saluran pencernaan, juga dapat menjaga kadar gula darah karena membantu penyerapan gula lebih lambat. Serat akan menjaga kestabilan gula darah supaya tidak naik dan tidak turun secara drastis setelah makan. Serat juga akan membuat pembuangan sisa makanan lebih lancar. Dengan mengkonsumsi makanan berserat secara cukup akan mengurangi resiko sembelit yang dapat memicu wasir.

Jika sedang mengonsumsi apel, makanlah bersama kulitnya, karena dalam kulit apel terdapat antihistamine yang berfungsi menjaga kesehatan paru-paru dan melindungi dari alergi.

Untuk menjaga kesehatan gigi biasanya orang-orang akan berpikir untuk mengonsumsi susu atau produk olahan susu lainnya yang tinggi akan kalsium. Perlu diketahui, dalam buah dan sayur juga terdapat sumber kalsium yang dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Beberapa sayuran yang mengandung kalsium yang baik seperti kale, bayam, dan sayuran lobak.

Beberapa buah dan sayur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, yakni wortel, bit, kentang, dan pisang. Dalam buah dan sayur tersebut terkandung potasium yang dapat menjaga tekanan darah.

Pada buah dan sayur yang memiliki pigmen warna merah atau biru terkandung anthocyanin yang merupakan antioksidan flavonoid yang dapat membantu mencegah penyakit serius seperti kanker. Buah dan sayur yang memiliki pigmen tersebut adalah blueberry, strawberry, kubis merah dan terong ungu. Buah dan sayur yang memiliki pigmen warna kuning seperti labu terdapat beta karoten yang sangat tinggi. Antioksidan didalamnya membantu mengurangi radikal bebas yang menganggu bahkan merusak fungsi otot jantung.

Begitu banyak manfaat buah dan sayur untuk kesehatan, dengan mengonsumsi buah dan sayur dengan porsi yang cukup dan menerapkan pola hidup yang sehat, kita dapat menjaga tubuh kita untuk terhindar dari berbagai penyakit.


image via google image