Wanita Hamil Jangan Konsumsi Jinten Hitam atau Habbatussauda

Siapa yang tidak tahu jintan hitam atau habbatussauda? Begitu banyak manfaat dari jinten hitam ini, dari meningkatkan daya ingat, anti alergi, menetralkan racun, memperbaiki saluran pencernaan, anti tumor, memperlancar asi dan masih banyak lagi.

Meskipun kecil, jenis rempah ini mengandung sekitar 100 senyawa kimia seperti kalsium, potasium, zat besi, sodium, arginine, 40% minyak constan, 1,4% minyak aviary, 15 amino, dst. Bahkan para ahli menyebutkan selain habbatusauda, belum ada materi yang memiliki komposisi yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit serta bekerja sebagai sistem imun.

Pada wanita menyusui jinten hitam bisa meningkatkan produksi asi karena terdapat struktur hormon lipid dan mengandung arginine yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Meski banyak manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi jinten hitam, namun sayangnya untuk wanita hamil belum banyak yang diketahui tentang keaamanan mengkonsumsi rempah hitam ini.

Pada sebuah penenilitan yang dimuat dalam Review of Uses Nigella Sativa: Traditional Medicine, A. Raza dkk, Faculties of Veterinary Science and Basic Science, University of Agriculture, Faisabalad Pakistan, Int. J. Agri. Bio. Vol I. No. 3 1999. Menyebutkan bahwa ekstrak air panas dari jinten hitam dalam dosis besar bisa menyebabkan keguguran dalam wanita hamil. Demikian juga dengan mengkonsumsi biji habbatussauda dalam jumlah yang besar akan menyebabkan keguguran juga.

Wanita yang sedang hamil sebaiknya menghindari mengkonsumsi jinten hitam sebagai obat, karena mengkonsumsi jinten hitam dalam dosis yang tak benar dapat merangsang kontraksi rahim dan memicu keguguran janin.