Resep Nastar Lembut Favorit

Nastar biasanya identik dengan kue lebaran, makanya tak banyak kita jumpai kue nastar di toko ketika hari biasa. Lantas bagaimana jika ingin makan nastar? Masak harus nunggu lebaran dulu? hehe

via pinterest.com


Saya sudah berkali-kali mencoba resep nastar yang komposisi bahannya selalu saya ganti-ganti, dari mengurangi telur, mengganti butter dengan mentega biasa dan hasilnya memang selalu berbeda. Bahkan nastar yang saya buat nyaris gagal. Dari pengalaman-pengalaman saya tersebut, saya bisa menemukan resep nastar yang menjadi andalan saya. Manisnya pas dan begitu lembut,

Bagi anda yang sedang ingin membuat nastar tetapi tidak tau resepnya, maka posting kali ini tepat untuk anda. Disini saya akan menuliskan resep nastar favorit saya.

Bahan

  1. 700 gram terigu protein sedang
  2. 250 gram margarine
  3. 250 gram butter
  4. 4 kuning telur
  5. 4 sdm susu bubuk full cream
  6. 100 gram gula halus
  7. Selai nanas secukupnya
Bahan Olesan
  • 3 kuning telur kocok lepas
  • 1 sdm susu cair atau bisa dengan 2 sdm madu, pilih salah satu

Cara Membuat
  1. Campurkan bahan olesan
  2. Kocok sebentar margarine, butter, gula, dan telur. Kocok sebentar saja sampai tercampur.
  3. Masukkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk hingga benar-benar tercampur rata.
  4. Ambil sedikit adonan, bentuk bulat kemudian isi dengan selai nanas. Susun bulatan nastar ke dalam loyang yang sudah diolesi mentega dan terigu.
  5. Masukkan ke dalam oven dengan suhu 140 derajat selama 30 menit. 
  6. Setelah 3/4 matang keluarkan nastar dari oven kemudian poles dengan bahan olesan, kemudian masukkan lagi ke dalam oven hingga kelihatan mengkilat dan benar-benar matang.



Tips membuat nastar yang lembut :

  • ketika memasukkan terigu jangan memasukkannya supaya adonan bisa benar-benar tercampur rata.
  • Sebaiknya menggunakan spatulla atau ballon whisk untuk mencampur dan mengaduk adonan, hindarillah menggunakan mixer karena mengaduk dengan mixer jika terlalu lama akan membuat nastar menjadi keras.
  • Supaya ukurannya sama, buatlah bulatan2 selainya terlebih dahulu