Ambeien

Ambeien dalam bahasa latin disebut Hemorrhoid dan dalam bahasa kedokteran disebut Piles. Ada juga yang menyebutnya Wasir. Ambeien adalah pembengkakan pada bibir anus, dalam beberapa kasus juga disertai dengan pendarahan.

Gejala wasir adalah keluarnya darah ketika buang air besar. Jika hal ini dibiarkan, penderita akan mengalami anemia karena mengalami kehilangan darah yang berat. Selain pendarahan gejala lainnya adalah rasa mengganjal setelah buang air besar dan rasa gatal karena bagian yang terasa nyeri di dubur sulit dibersihkan, itu yang menyebabkan infeksi kulit yang memicu rasa gatal.

Beberapa penyebab ambeien :
  1. Keturunan
  2. Kehamilan
  3. Sembelit
  4. Sering mengejan
  5. BAB tidak teratur
  6. Banyak duduk
  7. Diare
Untuk ramuan obat tradisional pengobatan ambeien ada dua cara, yakni:
  • Pertama, siapkan 6 gram daun kejibeling, 5 gram meniran, 1 gram asam kawak, 3 gram temulawak. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai tersisa jadi setengahnya. Minum 3 kali sehari sesuai kebutuhan.
  • Kedua, tumbuk daun kates yang masi muda, kemudian seduh dengan air panas, peras dan saring. Minum air perasan tersebut.
Untuk mengatasi pendarahan yang mendadak, tumbuklah bonggol pisang kepok, peras, saring, kemudian minumlah. Jangan mengkonsumsi makanan pedas dan beralkohol.



sumber : buku pengobatan cara herbal, id.wikipedia.org